The Power Of Doa




SOLID SPIRITUAL LIFE #3

KEHIDUPAN ROH YANG SOLID #3

PRAYER CAN TURN AN ORDINARY MAN INTO EXTRAORDINARY

DOA BISA MENGUBAH MANUSIA BIASA JADI SUPER

 

PEMBUKAAN:

Minggu lalu kita membahas banyak tentang Firman Tuhan. Firman Tuhan adalah makanan rohani yang sangat kita butuhkan untuk membangun kehidupan manusia roh yang berbobot.

 

Yesaya 55:2b Dengarkanlah Aku maka kamu akan memakan yang baik dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat.


Kita diperintahkan untuk mendengarkan Tuhan. Itulah firman Tuhan! Itulah makanan roh yang super! Maka Tuhan akan membuat kita memakan yang baik dan menikmati sajian yang paling lezat. Artinya orang yang mengisi dirinya dangan makanan roh Firman, akan dipuaskan dengan berkat-berkat yang terbaik!


Itu sebabnya banyak-banyak mendengarkan firman Tuhan! Apalagi di masa krisis seperti ini, jangan pernah berpikir untuk memangkas firman Tuhan yang masuk dalam hidup anda. Justru ini saatnya anda harus melipatgandakan firman yang masuk dalam hidup kita.

 Perbanyak baca firman! Perbanyak dengarkan firman Tuhan! Ikuti ibadah online bahkan kalau perlu lebih dari 1x! Ikuti SosMed Pak Obaja, Ps Jonatan, dan Ps Nita yang terus membagikan firman Tuhan yang berguna untuk menguatkan dan menjadikan manusia roh kita semakin berbobot!

 

Nah hari ini kita akan lanjutkan belajar tentang kehidupan doa. Saya beri judul firman hari ini Earnest Prayer atau Doa yang Sungguh-Sungguh!

 I.     SATU RAHASIA KEHIDUPAN ROH YANG SOLID DARI DANIEL ADALAH DOA YANG SUNGGUH-SUNGGUH.

 

a.  Daniel 6:11 Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; TIGA KALI SEHARI IA

BERLUTUT, BERDOA SERTA MEMUJI ALLAHNYA, SEPERTI YANG BIASA DILAKUKANNYA

 Bukan hanya kehidupan firman Tuhannya yang kuat, tetapi ternyata kehidupan doa Daniel juga sangat kuat!

 

DANIEL MEMILIKI KUANTITAS DAN KUALITAS DOA YANG BERBOBOT. ARTINYA BUAT DANIEL, MANUSIA ROH SAMA PENTINGNYA, BAHKAN LEBIH PENTING KETIMBANG MANUSIA JASMANI.

 

b.  Yakobus 5:17 Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujan pun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan.

 

Sekali lagi kita belajar bahwa Elia adalah manusia biasa sama seperti kita. Tetapi kalau kita baca kisah Elia, kenapa rasanya hidup Elia bisa sangat luarbiasa?


Kenapa hidup Elia yang katanya biasa itu bisa menjadi penuh kisah dan kesaksian yang luarbiasa?

Alkitab mencatat rahasianya: Elia bersungguh-sungguh berdoa! He prayed earnestly!

 

c.  Demikian juga dengan kehidupan Daniel, saya coba membayangkan kehidupan Daniel seandainya dia tidak memiliki kehidupan doa yang sungguh-sungguh.

 

Menurut anda, akan masihkah Daniel punya kehidupan dan karir dalam pemerintahan yang luarbiasa, seandainya dia tidak punya kehidupan doa yang kuat seperti yang tadi kita baca? Saya rasa jawaban kita akan sama, yaitu TIDAK!

Dan rumus sukses Elia dan Daniel ini juga masih berlaku dalam hidup kita di saat ini. Dengan kehidupan firman dan doa yang berbobot, maka hidupmu akan mengalami banyak hal supranatural seperti Daniel.

KEHIDUPAN DOA YANG BERBOBOT AKAN MEMBAWA ANDA MENGALAMI MUJIZAT YANG BERBOBOT!


DOA MENGKONEKSIKAN KITA DENGAN DIMENSI SUPRANATURAL ALLAH.

Coba renungkan satu kata ini: 'DOA PUASA'.


Sama halnya dengan hidup anda. HIDUP ANDA MINUS DOA AKAN MENJADI HIDUP YANG NATURAL, TETAPI HIDUP ANDA PLUS DOA MAKA AKAN MENJADI HIDUP YANG SUPRANATURAL.

 

II.                  MILIKI KOMITMEN UNTUK MEMBANGUN KEHIDUPAN DOA YANG SUNGGUH-SUNGGUH.

a.  Yakobus 5:16 Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. DOA ORANG YANG BENAR, BILA DENGAN YAKIN DIDOAKAN, SANGAT BESAR KUASANYA.

 

Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya!


Saya yakin sebagai orang Kristen, anda dan saya berdoa setiap hari; Tetapi kita perlu UPGRADE KEHIDUPAN DOA KITA.

b.         BEBERAPA MANFAAT DOA.

 

Bahkan secara dunia dan ilmu medis, sudah diteliti bahwa doa memiliki segudang manfaat, misalnya (diambil dari liputan6 pada bulan mei 2018):

Bukan cuma manfaat di level jasmani, tetapi bahkan MANFAAT    DI    LEVEL    SUPRANATURAL    yang   tidak

terbatas! Kita akan coba bahas beberapa secara singkat:

1.   Doa membuat kita dekat dengan Tuhan.

Amsal 15:29: Tuhan itu jauh dari pada orang fasik, tetapi doa orang benar didengar-Nya.

2.   Doa kita menyenangkan hati Tuhan.

Mazmur 141:2 Biarlah doaku adalah bagi-Mu seperti persembahan ukupan, dan tanganku yang terangkat seperti persembahan korban pada waktu petang.

3.     Doa membuat kita menerima sesuatu yang besar dari Tuhan.

Sebaliknya ada juga ayat berkata di Efesus 3:20 Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari


pada yang kita DOAKAN atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,

4.   Doa mendatangkan kelegaan bahkan kesembuhan.

Yakobus 5:13-14. 13 Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau ada seorang yang bergembira baiklah ia menyanyi! 14 Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan.

5.   Doa membuat kita tidak jatuh dalam pencobaan.

Lukas 22:46 Kata-Nya kepada mereka: "Mengapa kamu tidur? Bangunlah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan."

6.   Doa mendatangkan kelepasan.

7.   Doa mendatangkan kekuatan ilahi.

8.   Doa mendatangkan perlindungan ilahi.

Mazmur 32:6 Sebab itu hendaklah setiap orang saleh berdoa kepada-Mu, selagi Engkau dapat ditemui; sesungguhnya pada waktu banjir besar terjadi, itu tidak melandanya.

9.   Doa membawa kebangunan rohani


Kisah Para Rasul 6:4 dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman."

 

c.       TIPS MENGUPGRADE KEHIDUPAN DOA YANG BERBOBOT.

1.  Sadari ada peperangan rohani yang kuat saat kita hendak berdoa bahkan saat kita berdoa.

2.   Pastikan berdoa dengan pikiran dan hati yang tenang.

1 Petrus 4:7 Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.

3.  Miliki jam doa di saat waktu terbaik.

4.  Berdoalah dari dalam hati kita.

Daniel 9:20-21. 20 Sementara aku berbicara dan berdoa dan mengaku dosaku dan dosa bangsaku, bangsa Israel, dan menyampaikan ke hadapan TUHAN, Allahku, permohonanku bagi gunung kudus Allahku, 21 sementara aku berbicara dalam doa, terbanglah dengan cepat ke arahku Gabriel, dia yang telah kulihat dalam penglihatan yang dahulu itu pada waktu persembahan korban petang hari.

5.  Praktekkan doa profetik!


 

PENUTUP:

Mari kita berjuang untuk mengupgrade kehidupan doa kita dengan lenih sungguh-sungguh. Saya percaya kehidupan doa yang berbobot akan mendatangkan kuasa besar dalam hidup kita.