Makanan Bergizi Untuk Rohani atau Spiritual





SOLID SPIRITUAL LIFE #2

KEHIDUPAN ROH YANG SOLID #2 AVAILABLE: SPIRITUAL SUPERFOOD

TERSEDIA: MENU MAKANAN ROH BERGIZI

 

PEMBUKAAN:

Minggu lalu kita sudah memulai sebuah seri kotbah tentang kehidupan rohani dengan judul Kehidupan Rohani yang Solid. Tanpa kita sadari, Tuhan sangat memperhatikan kehidupan kita. Tuhan melihat bahkan menimbang bobot kehidupan kita.

Saya berdoa lewat firman Tuhan minggu lalu, anda dan saya mulai memiliki kehidupan yang jauh lebih berbobot dan berkualitas. Gunakan waktu kita dengan berbobot, pastikan perkataan yang keluar dari mulut kita adalah perkataan yang berbobot yang memberkati, pastikan tindakan kita berbobot sehingga bisa terus mengalami kemajuan.


Termasuk juga dengan kehidupan rohani kita. Jangan sampai kita memiliki kehidupan rohani yang tidak berbobot. Tuhan mau kita jadi anak Tuhan yang berbobot, penuh dengan pengurapan dan kuasa. Dan minggu lalu kita tahu bahwa rahasianya terletak di kelaparan kita untuk terus bertumbuh.

Hari ini kita akan lanjutkan dengan firman Tuhan berjudul: Available: Spiritual Superfood atau Tersedia: Menu Makanan Roh Super!

  

I.    KEHIDUPAN ROHANI BERBOBOT ATAU TIDAK SANGAT DIPENGARUHI DARI KUALITAS DAN KUANTITAS MAKANAN ROHANI KITA.

 

1 Petrus 2:2 Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan,


Petrus memberi satu rahasia pertumbuhan rohani yang akan membuat manusia rohani kita jauh lebih berbobot. Petrus berkata: jadilah sama seperti bayi yang baru lahir! Kenapa? Karena seorang bayi akan selalu lapar!

 

Kita butuh terima asupan firman Tuhan setiap hari, bahkan berkali-kali! MAKANAN KITA MENENTUKAN TUBUH KITA. Ada satu quote berkata: YOU ARE WHAT YOU EAT! KAMU ADALAH APA YANG KAMU MAKAN!

 

Pertanyaannya: apa yang selama ini kita makan? Dan karena kita membahas tentang kehidupan rohani, maka saya tanya: MAKANAN ROHANI SEPERTI APA YANG ANDA MAKAN? BERAPA KALI SEHARI ANDA MEMBERI MAKAN MANUSIA ROH ANDA?

 

Gereja Keluarga Allah adalah gereja yang sangat serius untuk memperhatikan menu makanan rohani yang diberikan kepada seluruh jemaat.


Saya perhatikan, ada 2 jenis orang tua menurut saya. Sama halnya dengan gereja ini. Gereja kita ini adalah gereja yang mau sibuk dan mau repot untuk saudara semua, khususnya terkait dengn firman Tuhan yang dibagikan.

 

II.   PELAJARAN DARI DANIEL DI NEGERI BABEL.

 1.             DANIEL MENGEMBANGKAN MENU MAKANAN ROH SUPER.

Daniel adalah orang yang punya kehidupan yang berbobot dan berkualitas. Tidak heran sekalipun rajanya boleh silih berganti, Daniel tetap terpilih menjadi orang penting di dalam istana tersebut.

 

Itu sebabnya kita akan banyak belajar dari MENU MAKANAN ROH SUPER DANIEL sehingga dia bisa menjadi seorang anak Tuhan yang berbobot dalam banyak hal.


Daniel 9:2-3 Pada tahun pertama kerajaannya itu aku, Daniel, memperhatikan dalam kumpulan kitab jumlah tahun yang menurut firman Tuhan kepada nabi Yeremia akan berlaku atas timbunan puing Yerusalem, yakni tujuh puluh tahun. Lalu aku mengarahkan mukaku kepada Tuhan Allah untuk berdoa dan bermohon, sambil berpuasa dan mengenakan kain kabung serta abu.

1.  Daniel membaca firman Tuhan.

2.  Daniel juga sangat memperhatikan.

3.  Daniel meresponi firman Tuhan!

 

 

2.              DANIEL MENGALAMI PENGALAMAN ROHANI YANG SANGAT BERBOBOT.

Daniel 9:20-23. Sementara aku berbicara dan berdoa dan mengaku dosaku dan dosa bangsaku, bangsa Israel, dan menyampaikan ke hadapan TUHAN, Allahku, permohonanku bagi gunung kudus Allahku, sementara aku berbicara dalam doa, terbanglah dengan cepat ke arahku Gabriel, dia yang telah kulihat dalam penglihatan yang dahulu itu pada waktu persembahan korban petang hari. Lalu ia mengajari aku dan berbicara dengan aku: "Daniel, sekarang aku datang untuk memberi akal budi kepadamu untuk mengerti. Ketika engkau mulai


menyampaikan permohonan keluarlah suatu firman, maka aku datang untuk memberitahukannya kepadamu, sebab engkau sangat dikasihi. Jadi camkanlah firman itu dan perhatikanlah penglihatan itu!

Itu benar-benar satu pengalaman rohani yang luarbiasa! Benar-benar satu pengalaman rohani yang berbobot.

Saya percaya bukan hanya Daniel yang bisa mengalami perkara-perkara spektakuler seperti itu; Kita semua punya kesempatan yang sama!

 

3.         INI WAKTUNYA TUHAN MENGIRIMKAN GELOMBANG ROH KELAPARAN FIRMAN.

Amos 8:11 "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan mengirimkan kelaparan ke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN.

 

Dan janji Tuhan tidak akan berubah: berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan! They shall be filled!


Matius 15:32 Lalu Yesus memanggil murid-murid-Nya dan berkata: "Hati-Ku tergerak oleh belas kasihan kepada orang banyak itu. Sudah tiga hari mereka mengikuti Aku dan mereka tidak mempunyai makanan. Aku tidak mau menyuruh mereka pulang dengan lapar, nanti mereka pingsan di jalan."

 

PENUTUP:

Miliki kehausan dan kelaparan yang besar akan firman Tuhan yang keluar dari mulut Allah. Baca firman, perhatikan dan responi dengan baik. Maka engkau akan mengalami pertumbuhan rohani yang berbobot.