Kekuatan Penyembahan



SOLID SPIRITUAL LIFE #4

KEHIDUPAN ROH YANG SOLID #4

EXPERIENCE THE WONDER OF WORSHIP

ALAMILAH KEAJAIBAN PENYEMBAHAN

 

PEMBUKAAN:

Minggu ini kita akan masuk ke bagian ke empat dari seri firman Tuhan Kehidupan Roh yang Solid.


-  Iblis mau kita punya kehidupan rohani yang pas- pasan dan dangkal. Sebaliknya Tuhan mau kita memiliki kehidupan rohani yang kuat, dalam, dan berbobot, seperti yang dimiliki oleh Daniel.


-  Kehidupan jasmani dan rohani yang berbobot yang ada dalam hidup Daniel, membuatnya tetap bertahan ada di puncak dan tidak tergantikan.

-  Hari ini, di bagian terakhir dari seri firman Tuhan ini, saya rindu untuk membagikan saya firman berjudul Pleasant Prase and Worship atau Pujian dan Penyembahan yang Menyenangkan.


I.   MILIKI GAYA HIDUP MENYEMBAH TUHAN.


Daniel 6:11 Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; TIGA KALI SEHARI IA BERLUTUT, BERDOA SERTA MEMUJI ALLAHNYA, SEPERTI YANG BIASA DILAKUKANNYA.

Daniel bukan hanya tiga kali berdoa kepada Allah, tetapi dia juga memuji Allahnya dengan penuh cinta.

Yadah artinya tangan yang tertuju kepada Tuhan sebagai bentuk ucapan syukur.

Kita perlu belajar untuk tetap bisa memuji dan menyembah Tuhan dalam segala keadaan seperti yang Daniel lakukan.

 

PUJIAN DAN PENYEMBAHAN MENYUKAKAN HATI TUHAN.


Wahyu 4:8-11. 8 Dan keempat makhluk itu masing- masing bersayap enam, sekelilingnya dan di sebelah dalamnya penuh dengan mata, dan dengan tidak berhenti-hentinya mereka berseru siang dan malam:


"Kudus, kudus, kuduslah Tuhan Allah, Yang Mahakuasa, yang sudah ada dan yang ada dan yang akan datang."

9 Dan setiap kali makhluk-makhluk itu mempersembahkan puji-pujian, dan hormat dan ucapan syukur kepada Dia, yang duduk di atas takhta itu dan yang hidup sampai selama-lamanya, 10 maka tersungkurlah kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Dia yang duduk di atas takhta itu, dan mereka menyembah Dia yang hidup sampai selama-lamanya. Dan mereka melemparkan mahkotanya di hadapan takhta itu, sambil berkata: 11 "Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan."

Di sorga, ada satu aktivitas yang berlangsung terus- menerus, yaitu penyembahan.

Tapi kita perlu ingat, karena Tuhan menerima begitu banyak pujian dan penyembahan, maka Dia mudah bisa membedakan kualitas sebuah penyembahan dan pujian.

 

Itu sebabnya kalau kita bisa memberikan pujian dan penyembahan yang berkualitas pada Tuhan, maka hal itu akan sangat berkesan bagiNya.


 

II.   KEAJAIBAN DARI SEBUAH PENYEMBAHAN.

 

KETIKA DOA SEOLAH GAGAL, PENYEMBAHAN TIDAK PERNAH GAGAL.

 

Suatu kali Ps Adeboye berkata: Kalau kamu sudah berdoa dan rasanya gagal, cobalah untuk menyembah. Sebab ketika doamu terasa gagal, penyembahanmu tidak pernah gagal.

 

Yeremia 29:12-13. 12 Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu; 13 apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati,

 

Yohanes 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.


Itu sebabnya kalau seolah engkau sudah berdoa, tetapi belum terjadi apa-apa, mulailah untuk menyembah Tuhan.

 

PENYEMBAHAN ADALAH MOMEN MENDAPATKAN HATI SANG RAJA. DOA ADALAH EKSEKUSI UNTUK KITA MEMINTA SESUATU DARI RAJA.

JADI PENYEMBAHAN DAN DOA ADALAH SATU PAKET! JANGAN CUMA PENYEMBAHAN, TETAPI JUGA HARUS DOA. JANGAN CUMA DOA, TETAPI JUGA PENYEMBAHAN DAN PUJIAN!

PELAJARAN DARI SEORANG PENYEMBAH TUHAN YANG PERTAMA DICATAT DALAM ALKITAB. ORANG YANG MENYEMBAH TUHAN AKAN BERHASIL DALAM SEGALA PEKERJAANNYA.

 

Kejadian 24:26, 48, 52 26. Lalu berlututlah orang itu dan SUJUD MENYEMBAH TUHAN, 48. KEMUDIAN BERLUTUTLAH  AKU  DAN SUJUD MENYEMBAH TUHAN,

SERTA  MEMUJI  TUHAN,  Allah  tuanku  Abraham, yang


telah menuntun aku di jalan yang benar untuk mengambil anak perempuan saudara tuanku ini bagi anaknya. 52. Ketika hamba Abraham itu mendengar perkataan mereka, SUJUDLAH IA SAMPAI KE TANAH MENYEMBAH TUHAN. UNTUK MENGERJAKAN TUGASNYA, YANG DILAKUKAN ELIEZER ADALAH MENYEMBAH TUHAN.


Kejadian 24:12 Lalu berkatalah ia: "TUHAN, Allah tuanku Abraham, buatlah kiranya tercapai tujuanku pada hari ini, tunjukkanlah kasih setia-Mu kepada tuanku Abraham.

Saya percaya inilah salah satu keajaiban dari sebuah penyembahan:   PENYEMBAHAN   MEMBUAT PERKENANAN TUHAN MENJADI NYATA DAN MEMBUAT APA SAJA YANG KITA KERJAKAN BERHASIL!

 

TUHAN TIDAK PERNAH MENINGGALKAN ORANG YANG MENYEMBAHNYA.


Tuhan begitu menyukai penyembahan. Itu sebabnya setiap kali Yesus menjumpai ada orang yang menyembahNya, maka hatinya tidak pernah bisa tahan untuk tidak memberkati orang tersebut.

Matius 8:2: Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu SUJUD MENYEMBAH Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku."

Matius 9:18: Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu MENYEMBAH DIA dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup."

 

Matius 15:25: Tetapi perempuan itu mendekat dan MENYEMBAH DIA sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku."

 

SEMUA ORANG YANG DATANG KEPADA YESUS DENGAN DIAWALI MENYEMBAH, SELALU PULANG DENGAN MUJIZAT!


TUHAN MENYELAMATKAN ORANG YANG MENYEMBAHNYA.

Matius 2:11: Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.

 

PENYEMBAHAN AKAN MELUNAKKAN HATI TUHAN SEHINGGA ANUGERAH DICURAHKAN.

Matius 18:26: Maka sujudlah hamba itu menyembah dia, katanya: Sabarlah dahulu, segala hutangku akan kulunaskan.

 

III.        PERSEMBAHKAN  PENYEMBAHAN  YANG  KELUAR DARI HATI.

 

PENYEMBAHAN YANG KELUAR DARI HATI ADALAH PENYEMBAHAN YANG PALING MENYUKAKAN HATI TUHAN.


PENUTUP:

Mari kita bangkit menjadi penyembah-penyembah yang dicari oleh Tuhan yang menyembah dalam roh dan kebenaran. Pujian dan penyembahan serta ucapan syukur yang berbobot yang keluar dari hati, itulah yang disukai Tuhan.